Begini Cara Memilih Bibit Ikan Lele yang Benar

Daftar Isi [Tutup]
    Di dalam setiap budidaya entah itu ikan maupun tanaman tentu yang paling pokok adalah pemilihan bibit atau benih yang baik dan benar. Tak terkecuali jika Anda ingin ternak ikan lele, maka benih yang baik pasti akan memberikan hasil yang baik pula. Lalu bagaimana cara memilih bibit ikan lele yang benar? Anda bisa mengikuti beberapa petunjuk cara memilih bibit lele yang akan saya berikan di bawah ini.

    cara memilih benih ternak ikan lele

    Cara memilih bibit ikan lele yang benar

    Berasal dari Budidaya Ikan Lele

    Cara yang pertama adalah memastikan bahwa bibit yang akan Anda beli memang berasal dari budidaya ikan lele, bukan bibit dari sembarangan. Anda bisa membeli benih ikan lele tersebut langsung kepada peternak bibit ikan lele, banyak petani ikan yang khusus menjual bibit lele. Jangan membeli benih lele di pasar ikan, karena bisa dipastikan Anda tidak akan mengetahui riwayat indukannya.

    Kondisi Fisik Lengkap

    Cara memilih bibit ternak lele yang bagus kedua adalah memastikan bahwa kondisi fisiknya lengkap seperti sirip, ekor dan antena. Memang kita tidak bisa memilih satu per satu benih ikan lele yang akan Anda beli. Namun paling tidak Anda bisa mengamati lebih teliti sebagian besar bentuk fisik dari benih ikan tersebut.

    Bibit dalam Kondisi Sehat

    Kesehatan bibit ikan lele ditandai dengan gerakan yang aktif, lincah dan tidak loyo. Anakan ikan lele terbebas dari segala macam penyakit seperti gatal, herpes, atau jamur/parasit. Ikan lele yang tidak sehat biasanya akan lebih banyak diam dan mengambang di atas permukaan air, badan penuh luka dan nafsu makan yang menurun.

    Salah satu cara untuk mengetahui kesehatan benih ikan lele yang hendak Anda beli lainnya ialah warna permukaan kulit yang cerah serta mengkilap, tidak kusam. Kemudian saat ditaruh pada air berarus lemah dia akan bergerak melawan arus.

    Memperhatikan Riwayat Indukan

    Hal keempat dalam teknik mencari benih lele unggul adalah dengan cara memperhatikan riwayat indukkan Hindari bibit ikan lele yang berasal dari pemijahan dalam tingkat kekerabatan yang tinggi atau biasa disebut inbreeding. Hal tersebut tentunya akan menurunkan kualitas dari ikan lele diantaranya mudah terserang penyakit, tingkat perkembangan yang rendah, serta tingkat hidup yang rendah pula.

    Ukuran Bibit Seragam

    Jika Anda ingin panen lele dalam satu waktu, tentu harus memilih bibit lele yang seragam ukurannya. Tidak harus mempunyai ukuran yang sama persis, tapi paling tidak hampir sama satu sama lain. Hal tersebut juga gunda menghindari kanibalisme sesama ikan lele saat proses pembudidayaan berlangsung. Biasanya ikan yang lele berukuran besar akan memangsa ikan yang ukurannya terlalu kecil.

    Mempunyai Sertifikat CPIB

    Hal terakhir yang perlu perhatikan adalah sertifikat CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Untuk point terakhir ini tidaklah mutlak, akan tetapi apabila bibit lele yng Anda beli mempunyai sertifikat CPIB berarti bisa dipastikan merupakan bibit unggul karena telah diakui oleh instansi terkait.

    Nah beberapa point cara memilih bibit ikan lele di atas bisa Anda jadikan patokan apabila ingin memulai usaha budidaya ikan lele unggul. Jika dalam pemilihan bibit serta proses budidaya yang Anda jalankan sesuai prosedur yang ada, maka hasil panen Anda tentunya juga akan bagus.

    1 komentar: